MEMBELI RUMAH DENGAN KPR

Cara mudah untuk membeli rumah

Informasi ini dapat membantu anda untuk membeli/ memiliki rumah dengan memanfaatkan kredit kepemilikan rumah (KPR). Adapun cara yang terbaik dan benar adalah langsung berhubungan dengan lembaga penyalur KPR. KPR merupakan transaksi yang rumit, dan lembaga penyalur KPR adalah pihak yang tepat untuk bertanya. Jadi, jangan sungkan untuk bertanya kepada mereka. Unit pelayanan konsumennya akan dengan senang hati membantu. Mereka akan membantu memperkirakan besar KPR yang sesuai dengan kemampuan keuangan anda, agar tidak “besar pasak dari tiang”. Dengan menyadari kemampuan keuangan terlebih dahulu, upaya pencarian rumah impian akan lebih terarah.

Tips untuk memilih lembaga penyalur KPR

  • Perlu diketahui bahwa lembaga penyalur KPR adalah teman anda! Bukan sekedar tempat untuk meminjam uang. Anda akan berhubungan dengan lembaga tersebut untuk jangka waktu yang lama, yaitu selama jangka waktu KPR. Dan ini bukanlah waktu yang singkat. Oleh karenanya anda harus betul-betul dapat memilih lembaga penyalur KPR yang dapat membuat anda merasa nyaman dan anda harus yakin akan pilihan anda.
  • Buatlah daftar nama lembaga penyalur KPR. Bertanyalah kepada beberapa teman tentang pengalamannya berhubungan dengan mereka. Carilah informasi dari surat kabar atau majalah tentang produk KPR yang ditawarkan.
  • Temuilah unit pelayanan konsumen dari beberapa lembaga penyalur KPR. Sampaikan keinginan dan harapan anda. Bandingkan pelayanan yang satu dengan yang lainnya dalam menjawab pertanyaan anda. Anda tentu dapat merasakan perbedaan cara mereka melayani anda.
  • KPR adalah suatu transaksi yang rumit, namun lembaga penyalur KPR yang berpengalaman dan menjunjung tinggi etika bisnis dan pelayanan, akan mampu menjelaskan hal-hal yang baik dan yang kurang menyenangkan dalam proses KPR.

Mulailah dengan mengunjungi beberapa lembaga penyalur KPR

Setiap lembaga penyalur KPR mempunyai produk dan kebijakan KPR yang berbeda. Oleh karena itu, anda perlu membandingkan produk KPR dan pelayanan yang ditawarkan mereka, sebelum menentukan pilihan:

Hal penting yang perlu anda perhatikan dalam memilih lembaga penyalur KPR : (1) Produk KPR, yang sesuai dengan kemampuan. (2) Pelayanan, yang dapat memberi rasa nyaman.

Dengan produk KPR yang sesuai dengan kemampuan, anda telah menghindarkan diri dari kemungkinan timbulnya kesulitan di kemudian hari. Pelayanan penting, karena anda akan berhubungan dengannya selama masa KPR, untuk jangka waktu yang cukup lama.

Informasi penting yang perlu diperoleh dari lembaga penyalur KPR

  • Perkiraan besarnya KPR

Setelah anda menjelaskan besar penghasilan anda/ istri atau suami, maka umumnya lembaga penyalur KPR dapat memberikan perkiraan besarnya KPR yang dapat anda peroleh.

Penting untuk diketahui, bahwa jumlah perkiraan besarnya KPR belum pasti dan masih dapat berubah. Besarnya jumlah KPR yang pasti, akan tercantum dalam surat persetujuan kredit setelah anda secara resmi mengajukan aplikasi KPR.

  • Tabel angsuran

Lembaga penyalur KPR menyediakan table angsuran (contoh terlampir). Anda dapat menanyakan cara membaca tabel tersebut agar anda dapat memahami bagaimana cara menggunakannya.

  • Perkiraan harga rumah yang terjangkau

Jika sudah diketahui perkiraan besarnya KPR dan diperkuat dengan perkiraan besarnya uang muka yang dapat anda sediakan, maka sudah dapat dihitung perkiraan harga rumah yang sesuai dengan kemampuan.

  • Daftar nama pengembang dan lokasinya

Lembaga penyalur KPR sudah memiliki daftar lokasi pemukiman yang dapat dibiayainya berikut nama pengembang dan harga tipe rumah di lokasi tersebut.  Anda bisa memperoleh informasi tersebut untuk memudahkan anda dalam mencari rumah pilihan.

  • Perkiraan biaya KPR

Jika sudah diketahui perkiraan besarnya KPR dan perkiraan harga rumah, maka anda juga bisa minta perkiraan besarnya biaya KPR. Dengan demikian anda bisa mengetahui berapa perkiraan dana yang harus anda sediakan di samping uang muka.

Biaya KPR umumnya mencakup biaya notaries, akta jual beli PPAT, akta perjanjian kredit, akta pemasangan hak tanggungan, premi asuransi, provisi, biaya administrasi serta biaya penilaian rumah.

  • Daftar dokumen yang diperlukan

Lembaga penyalur KPR telah menyediakan daftar dokumen / data yang diperlukan sebagai kelengkapan aplikasi KPR, yang akan mereka berikan kepada anda.

Apa manfaat lain dengan mengunjungi lembaga penyalur KPR terlebih dahulu?

  • Membangun rasa percaya diri

Dengan mengunjungi lembaga penyalur KPR terlebih dahulu, setelah mengetahui kemampuan keuangan anda, anda tidak perlu membuang waktu untuk melihat rumah yang harganya di luar jangkauan kemampuan anda.

  • Proses pencarian rumah akan lebih mudah

Dengan mengetahui perkiraan besarnya KPR serta besarnya uang muka, maka anda sudah dapat mulai mencari rumah dengan cara mengunjungi beberapa lokasi perumahan.

Anda perlu menjelaskan kepada pengembang tentang perkiraan besarnya KPR yang akan anda peroleh serta besar uang muka yang dapat anda sediakan. Dengan demikian akan lebih mudah bagi pengembang untuk menawarkan rumah yang sesuai dengan kemapuan anda.

Selanjutnya anda/ pengembang dapat menyampaikan kelengkapan data tentang rumah pilihan anda kepada lembaga penyalur KPR untuk diproses lebih lanjut.

CARA MEMILIH PRODUK KPR DAN MEMILIH RUMAH

Memilih produk KPR yang sesuai dengan kemampuan

Membeli rumah dengan memanfaatkan KPR bisa jadi merupakan transaksi terbesar dan yang paling rumit. Tersedianya berbagai jenis KPR, dapat membuat anda bertambah bingung. Namun demikian, bertagam penawaran, bisa juga diartikan terbukanya peluang untuk memilih, asalkan anda tahu apa uang anda cari dan bagaimana mendapatkannya. Informasi berikut ini akan membantuk untuk memilih KPR yang tepat.

Tips untuk memilih Produk KPR

  • Angsuran KPR

Yang paling mudah adalah dengan membandingkan besarnya angsuran KPR yang ditawarkan oleh beberapa lembaga penyalur KPR. Dengan jumlah KPR yang sama, jangka waktu yang sama, anda bisa mengetahui lembaga mana yang menawarkan KPR dengan angsuran yang lebih kecil.

Perbandingan sebaiknya tidak dilakukan terhadap besarnya suku bunga, juga karena bisa saja suku bunga sama, dan jumlah KPR sama, tetapi jumlah angsurannya berbeda.

  • Suku bunga tetap atau tidak tetap

Suku bunga tetap atau fixed. Dengan suku bunga tetap, maka angsuran KPR tidak berubah selama masa KPR. Pastikan jangka waktu berlakunya suku bunga tetap ini. Umumnya lembaga penyalur KPR menawarkan suku bunga tetap untuk waktu tertentu, setelah itu berlaku suku bunga tidak tetap.

Suku bunga tidak tetap atau floating, artinya tingkat suku bunga bisa berubah tergantung gejolak bunga pasar. Biasanya suku bunga tidak tetap lebih rendah dari suku bunga tetap. Jika lembaga penyalur KPR menawarkan tingkat bunga tidak tetap, maka ketika bunga pasar turun, umumnya bunga KPR yang ditawarkan kepada masyarakat juga akan turun. Demikian juga sebaliknya. Ketika bunga pasar naik, bunga KPR ikut naik.

  • Angsuran tetap

Adakalanya lembaga penyalur KPR menawarkan produk “angsuran tetap” yang dapat mengakibatkan jangka waktu KPR menjadi lebih panjang/atau pendek.

KPR dengan angsuran tetap, artinya jumlah angsuran KPR yang dibayarkan setiap bulan akan tetap jumlahnya, namun jangka waktu KPR bisa brubah, lebih panjang atau pendek, tergantung kepada fluktuasi tingkap bunga pasar.

  • Perubahan suku bunga

Setiap lembaga penyalur KPR mempunyai kebijakan yang berbeda tentang perubahan suku bunga. Sebaiknya anda menanyakan apakah mereka berhak setiap saat melakukan perubahan suku bunga atau berdasarkan kriteria/atau tolak ukur tertentu.

Anda juga perlu menanyakan, jika terjadi penurunan bunga KPR, apakah penurunan ini juga akan diberlakukan terhadap KPR yang sudah dicairkan sebelumnya. Adakalanya, jika bunga turun, maka suku bunga baru hanya diberlakukan terhadap konsumen baru dan tidak berlaku bagi nasabah KPR yang sudah menikmati KPR. Pastikan syarat tersebut tercantum dalam perjanjian kredit.

  • Menurunnya sisa KPR karena angsuran

Pembayaran angsuran yang anda lakukan setiap bulan, terdiri dari komponen pokok yang akan mengurangi sisa KPR dan komponen bunga yang akan menjadi pendapatan lembaga penyalur KPR. Pada awal masa KPR, komponen bunga akan lebih besar daripada pokok dan selanjutnya komponen bunga akan meningkat sampai KPR lunas.

Ada bank yang menghitung penurunan sisa KPR setiap bulan setelah menerima pembayaran angsuran bulanan. Ada pula bank yang menghitung penurunan sisa KPR setiap tahun setelah menerima 12 kali angsuran. Cara membedakannya adalah bahwa angsuran yang menurun setiap bulan lebih kecil dari angsuran yang menurun setiap tahun meskipun besaran bunganya sama.

  • Pelunasan KPR sebelum waktunya

Umumnya lembaga penyalur KPR memberikan kesempatan kepada anda untuk melunasi KPR sebelum waktunya dengan syarat-syarat tertentu.

  • Biaya KPR

Biaya KPR mencakup biaya penilaian, biaya notaris, akta jual beli PPAT, akta perjanjian kredit, akta pemasangan hak tanggungan, premi asuransi kebakaran, permi asuransi jiwa kredit dll. Biaya KPR harus dilunasi sebelum akad kredit.

Hal yang akan menjadi pertimbangan lembaga penyalur KPR

Kebanyakan orang merasa takut menghubungi lembara penyalur KPR karena merasa khawatir jika aplikasi KPR-nya akan ditolak. Pada kenyataannya, lembaga tersebut justru akan mencari cara terbaik untuk dapat memberikan KPR yang sesuai dengan kemampuan, karena itu merupakan bisnis mereka. Dalam proses aplikasi KPR, mereka ingin mengetahui:

  • Penghasilan dan pengeluaran

Mereka ingin tahu berapa besar penghasilan, sumber penghasilan serta seberapa jauh kestabilan penghasilan anda. Apabila anda memiliki penghasilan lain di luar gaji, atau istri/atau suami juga memiliki penghasilan, sebaiknya beritahukan agar mereka dapat memperhitungkan penghasilan tambahan ini dalam membantu kestabilan penghasilan anda.

Mereka juga ingin mengetahui pengeluaran anda termasuk hutang jangka panjang lain seperti angsuran atas pinjaman kendaraan bermotor, alat elektronik serta cara dan kebiasaan dalam menggunakan kartu kredit.

  • Disiplin membayar hutang

Mereka ingin tahu tingkat disiplin anda dalam mengembalikan KPR. Apabila anda pernah mempunyai masalah dalam pembayaran hutang pada masa lalu, sebaiknya bicarakan hal ini secara terbuka dengan mereka dengan menyerahkan bukti yang diperlukan. Dengan keterbukaan ini, kemungkinana besar tak ada hal yang perlu dirisaukan.

  • Kebiasaan menabung

Mereka ingin tahu bagaimana kebiasaan anda menabung serta pengelolaan tabungan tersebut.

  • Hasil penilaian rumah

Mereka juga akan mempertimbangkan hasil penilai atas rumah berikut tanah yang akan dijadikan agunan KPR. Penilaian dilakukan atas rumah yang telah siap huni. Hasil penilaian bisa lebih besar dari harga jual, atau lebih kecil dari harga jual atau sama dengan harga jual.

  • Uang muka

Besarnya uang muka tergantung dari kebijakan lembaga penyalur KPR tentang maksimum KPR yang dapat diberikan, dan hasil penilaian rumah dan tanah yang akan dibeli.

Contoh: jika anda memenuhi syarat untuk mendapatkan KPR sebesar Rp.21 juta dan ingin membeli rumah seharga Rp.30juta sedangkan maksimum KPT yang dapat diberikan adalah 70%, berapa uang muka yang anda harus sediakan? Apakah Rp.9 juta? Blum tentu, tergantung mana yang lebih rendah antara harga jual dengan hasil penilaian. Mari kita simak contoh perhitungan berikut ini:

Jika hasil penilaian rumah adalah Rp.28 juta meskipun harga jualnya Rp.30 juta, maka besarnya KPR adalah Rp.19,6 juta (70% x Rp.28 juta). Berarti anda harus menyediakan uang muka sebesar Rp.10,4 juta (Rp.30 juta-Rp.19,6juta)

Jika hasil penilaian rumah adalah Rp.35juta meskipun harga jualnya Rp.30juta, maka besarnya KPR adalah Rp.21juta (70% x Rp.30juta) berarti anda cukup menyediakan uang muka Rp.9 juta (Rp.30juta – Rp.21juta).

Untuk lebih jelasnya, anda dapat meminta saran dari unit pelayanan konsumen dari lembaga penyalur KPR jika anda menghadapi masalah uang muka.

Tips untuk memilih rumah

Hal-hal yang perlu anda perhatikan ketika memilih rumah:

  • Jarak lokasi permukiman dengan tempat kerja atau tempat tinggal keluarga; lokasi bebas banjir; adakah Saluran Tegangan Tinggi PLN, berapa jaraknya ke lokasi permukiman.
  • Tersedianya sarana transportasi yang memadai.
  • Prasarana lingkungan seperti pasar tradisional, pasar swalayan, sekolah, tempat ibadah, puskesmas, rumah sakit dan lain-lain.
  • Sarana lingkungan termasuk saluran pembuangan air kotor di lokasi, tersedianya jaringan listrik, air bersih dan telepon.
  • Kualitas bangunan termasuk saluran air kotor, instalasi air bersih serta septitank dan resapannya.
  • Khusus rumah bekas, maka periksalah:
    • PBB (Pajak Bumi dan Bangunan)
    • Tagihan PLN, PAM, Telepon,
    • Meteran listrik, dan lain-lain.

APLIKASI KPR

Mengajukan aplikasi KPR

Proses pengajuan aplikasi KPR dapat menjadi pengalaman transaksi keuangan yang paling rumit. Adalah wajar jika timbul kesan seolah-olah lembaga penyalur KPR ingin mengetahui semua hal mengenai diri dan keadaan keuangan anda. Memang anda tidak perlu menceritakan seluruh aspek kehidupan, namun bukan mustahil dalam beberapa situasi, lembaga penyalur KPR merasa perlu untuk menanyakannya.

Umumnya, yang ingin diketahui berkisar kepada aspek identitas pribadi, pekerjaan, keuangan dan informasi tentang rumah yang akan anda beli. Oleh karena itu siapkan dokumen yan lengkap yang berkaitan dengan ketiga hal tersebut.

Siapkan seluruh dokumen yang diperlukan secara lengkap dan benar

Cara terbaik agar proses pengajuan aplikasi KPR menjadi lebih mudah dan cepat adalah mempersiapkan semua dokumen anda dan istri/suami. Umumnya lembaga penyalur KPR telah menyediakan daftar dokumen apa saja yang perlu anda siapkan, diantaranya :

  • Surat bukti diri seperti KTP, SIM, paspor anda dan istri/suami
  • Surat nikah (bagi yang telah menikah)
  • Kartu keluarga
  • Riwayat pendidikan dan pekerjaan
  • Bukti penghasilan
  • Perjanjian pengikatan  jual beli dengan pengembang/penjual
  • Bukti pembayaran uang muka
  • Perjanjian pinjaman jika anda memiliki pinjaman lain.

Apa yang akan dilakukan terhadap aplikasi KPR anda?

Bagi anda, menyerahkan aplikasi KPR akan merupakan suatu langkah besar. Namun bagi lembaga penyalur KPR, ini baru merupakan langkah awal. Aplikasi, berikut seluruh data dan dokumen pendukung, akan mulai diproses dengan tahapan yang secara garis besar sebagai berikut :

  • Tahap verifikasi

Verifikasi adalah suatu proses pemeriksaan ulang atas kebenaran data dan informasi yang anda berikan termasuk pemeriksaan ulang kepada pihak yang terkait. Jika informasi yang diberikan ternyata berbeda dengan hasil verifikasi, maka lembaga penyalur KPR akan menyelesaikan maslah perbedaan itu terlebih dahulu sebelum proses dilanjutkan. Oleh karena itu penting untuk sebelum dilanjutkan. Oleh karena itu penting untuk memberikan informasi yang tepat, benar dan akurat.

  • Tahap analisa resiko

Petugas analisa kredit, akan menganalisa aplikasi dan hasil verifikasi. Disinilah semua informasi akan dikaji dan dipertimbangkan terutama berkaitan dengan data tentang pendapatan, pengeluaran, kekayaan dan kewajiban keuangan.

  • Tahap keputusan KPR

Hasil analisa resiko dan rekomendasinya akan dikirim kepada pejabat yang berwenang untuk mendapat keputusan apakah aplikasi KPR disetujui atau ditolak. Setiap lembaga  penyalur KPR mempunyai standar kebijakan KPR yang berbeda. Bisa saja aplikasi anda ditolak, namun disetujui oleh lembaga penyalur KPR lainnya.

Berapa lama waktu proses penerbitan keputusan KPR?

Waktu menunggu dari pengajuan aplikasi sampai diterbitkannya keputusan, adalah masa yang paling menggelisahkan.

Lamanya waktu proses berbeda dari satu lembaga penyalur KPR ke lembaga penyalur KPR lainnya. Kadangkala lamanya proses penerbitan keputusan disebabkan karena suatu hal yang berada diluar kemampuan lembaga penyalur KPR seperti proses verifikasi.

Jika anda memberikan informasi yang lengkap dan akurat, berarti anda telah membantu mempercepat proses aplikasi.

Anda jangan gusar, jika setelah menunggu, ternyata masih ada informasi atau data yang diminta. Hal itu bisa terjadi karena lembaga penyalur KPR bersungguh-sungguh memerlukan informasi tambahan dan ingin membantu anda. Dimintai informasi tambahan bukanlah suatu hal yang perlu ditakuti.

Jika akan bepergian, anda harus selalu siap untuk dihubungi. Jika anda ingin mengetahui sampai dimana prosesnya, anda dapat menghubungi lembaga penyalur KPR. Namun perlu diingat bahwa proses KPR membutuhkan waktu, menelepon tiap saat tidak akan mempercepat proses tersebut.

Keputusan KPR

  • Jika aplikasi KPR anda disetujui, anda akan diberitahu melalui surat keputusan kredit.
  • Pada umumnya, surat keputusan kredit diberikan dalam rangkap dua; lembar asli untuk anda dan tembusan atau foto copy dikembalikan kepada lembaga penyalur KPR setelah anda tandatangani. Bersamaan dengan surat keputusan kredit, umumnya anda juga diberitahu mengenai kepastian besarnya biaya KPR yang harus segera dilunasi sebelum akad kredit dilaksanakan.
  • Umumnya lembaga penyalur KPR juga memberitahu tentang dokumen apa saja yang harus dibawa dan siapa saja yang harus hadi pada saat akad kredit
  • Jika aplikasi KPR ditolak, maka penolakan tersebut akan diberitahukan secara tertulis.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *